Sunday, November 15, 2020

Apa itu OYO? (model bisnis)



OYO telah berada diantara kita selama beberapa tahun di Indonesia. Bahkan hotel melati keluarga saya ada yang telah bekerjasama dengan OYO, keuntungan dari OYO adalah pihak tersebut akan membantu mengiklankan, memasarkan, dan "mendatangkan" tamu hotel.


Dari sumber yang saya baca (wikipedia.com) OYO berawal dari menyediakan wadah untuk mengiklankan dan untuk tamu hingga dapat membooking nya yang fokus ke penginapan-penginapan kecil yang kita tahu sebagai small lodging company seperti guest house, bed and breakfast, dan jenis hotel-hotel kecil atau budget hotel.

Tujuan utama dia adalah bekerja sama dengan hotel-hotel demi menyediakan dan memberikan guest experience yang sama baiknya di seluruh kota bahkan seluruh dunia. Kalau dilihat konsepnya sama seperti chain hotel bahkan OYO Rooms ini telah disebut sebagai chain hotel lokal dari negara India.

Cara kerjanya, properti penginapan yang bekerja sama dengan OYO akan menyerahkan manajemen penginapan nya kepada OYO, dan branding dan standarisasi juga tentu dari awal dilakukan guna mencapai tujuan yang diinginkan oleh OYO. Sementara itu hotel dioperasikan dalam perjanjian sewa atau mengizinkan pemilik properti menjalankan properti mereka dalam kesepakatan franchise. Biasanya pihak oyo mengambil sekitar 20% dari pendapatan hotel untuk skema perjanjian sewa.

No comments:

Post a Comment

Branding! in hotel business

  Bicara di dalam lingkup bisnis perhotelan di dunia ini, ada konsep segitiga sama sisi dimana berkonjungsi satu sama lain untuk memberi nya...