Sunday, November 15, 2020

Strategic management according to Wheelen Hunger

 1. Menurut Wheelen Hunger, scanning adalah monitoring, evaluating and disseminating of information from the external and internal environment to key people within the corporation. A corporation uses this tool to avoid strategic surprise and to ensure its long term health.

atau bisa diartikan secara sederhana yang berarti melakukan observasi mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi suatu ussaha baik dari lingkungan di dalam atau pun di luar perusahaan

Dalam proses menganalisa lingkungan eksternal, umumnya dapat menggunakan analisa PEST (Political, Economic, Social, Technological) Berikut adalah analisa PEST bisnis OYO Indonesia di masa pandemi COVID-19.

Political

Kondisi politik Indonesia di masa pandemi tentunya harus beradaptasi dengan perubahan-perubahan. Selama masa pandemi, Presiden Indonesia terus berkoordinasi dengan berbagai partai politik hingga melakukan survey untuk memastikan keadaan politik dalam keadaan yang masih dapat terkooordinir dengan baik. Berdasarkan survey yang bersumber dari SMRC dapat dinyatakan bahwa keadaan politik Indonesia masih terbilang dapat terkendali.

Economical

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah diprediksi dari awal masuknya pandemi COVID-19 oleh pihak BI dan Menteri Keuangan RI bahwa akan mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal ini dikarenakan terhentinya aktivitas ekonomi dalam kurun waktu yang cukup lama demi mencegah penularan pandemi seperti halnya kegiatan ekspor impor, UMKM, dan sektor bisnis lainnya termasuk industri hotel yang sebagian besar diantaranya harus berhenti beroperasi.

Social

Keadaan yang paling berubah secara signifikan adalah kondisi sosial dalam masyarakat di masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Perubahan ini bermula dari masa berlakunya PSBB dan peraturan protokol kesehatan yang perlu diterapkan oleh seluruh masyarakat. Perubahan lebih mengarah pada proses sosial masyarakat yang terhambat sehingga beralih ke aktivitas yang dilakukan secara daring. Selain itu, perubahan kondisi sosial ini pun sudah dipastikan tidak akan kembali sama seperti keadaan sosial sebelum pandemi sehingga akan muncul kondisi baru dalam masyarakat.

Technological

Teknologi menjadi satu-satunya aspek yang bergerak kearah positif dan mengalami kemajuan yang sangat pesat di masa pandemi untuk mendukung serta memberikan kemudahan dalam menunjang aktivitas masyarakat seperti halnya pembuatan berbagai aplikasi atau inovasi mesin teknologi di industri hospitaliti.

 

2. Internal

 

Analisa lingkungan internal lebih mengarah ke bisnis OYO selama masa pandemi COVID-19. Dalam menghadapi situasi yang sulit, bisnis OYO dimasa awal pandemi sama seperti bisnis penyedia jasa akomodasi lainnya mengalami penurunan tingkat hunian dikarenakan banyaknya masyarakat yang lebih memilih untuk tetap berada dirumah dan tidak melakukan aktivitas diluar rumah. Namun, tren masyarakat yang mulai berubah dikarenakan adanya karantina mandiri menaikkan persentase pemesanan kamar untuk waktu jangka panjang (kurang lebih 14 hari) sehingga menjadi peluang untuk OYO dalam mengoptimalkan pendapatan. OYO juga memperbaharui dan mengkaji kembali standarisasi layanan yang dimiliki agar tetap sesuai dan peraturan protokol kesehatan serta mengupayakan agar seluruh mitra kerja dapat mengimplementasikan standar baru tersebut. Dalam segi pemasaran produk jasa, OYO mengembangkan berbagai inovasi yaitu dengan aktif berkampanye demi membantu mitra OYO pemilik properti dalam melewati masa pandemi dan juga mengembangkan teknologi seperti pembuatan aplikasi untuk meminimalisir penyebaran virus.

 

2. Strategy Formulation untuk bisnis OYO

Sebagai CEO saya akan tetap bersama misi saya untuk  tetap mempertahankan  dan mengembangkan kualitas layanan terbaik dan hubungan terhadap mitra OYO di seluruh properti yang terdaftar. Untuk mengebangkan sayap OYO juga harus berperan aktif membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi ini dengan dukungan berupa masker atau APD dan alat medis lainnya yang dibutuhkan oleh petugas medis. OYO juga dapat menyediakan tempat penginapan bagi pasien untuk isolasi, sehingga dukungan dari OYO terasa di masyarakat dan revenue juga akan meningkat.

 

3. OYO beradaptasi dengan Pandemic

 Menerapkan protokol kesehatan dalam standar operasional hotel-hotel OYO. OYO juga telah aktif berkampanye untuk mendukung kegiatan meminimalisir penyebaran virus yaitu #FightCovidwithOYO dan #OYOkuatlawancorona dengan tujuan juga untuk tetap mempertahankan dan melindungi mitra OYO. Mengembangkan inovasi teknologi dalam pemesanan kamar juga telah memulihkan tingkat hunian kamar OYO yang semula turun sekitar 60% sekarang sudah dapat kembali naik sekitar 70% dibandingkan tingkat hunian terendah bulan Mei 2020 lalu.

Referensi :

http://ungubudeku.blogspot.com/2012/02/resume-environtmental-scanning.html

https://www.medcom.id/nasional/politik/nbwjz2xN-jokowi-menjaga-situasi-politik-di-masa-pandemi

https://yoursay.suara.com/news/2020/10/12/123054/situasi-ekonomi-indonesia-pada-masa-pandemi?page=all 

https://lombokpost.jawapos.com/opini/15/07/2020/perubahan-sosial-di-era-pandemi/

http://dispernaker.salatiga.go.id/peran-teknologi-di-tengah-pandemi-covid-19/

https://traveling.bisnis.com/read/20200912/361/1290750/begini-manajemen-krisis-oyo-saat-pandemi

https://www.gatra.com/detail/news/481284/ekonomi/inovasi-teknologi-kunci-oyo-bertahan-di-masa-pandemi

No comments:

Post a Comment

Branding! in hotel business

  Bicara di dalam lingkup bisnis perhotelan di dunia ini, ada konsep segitiga sama sisi dimana berkonjungsi satu sama lain untuk memberi nya...