Tuesday, December 17, 2019

2. PERISHABILITIY

PERISHABILITY

Menurut oxford dictionary Perishable berarti dapat berubah jd buruk, rusak, atau tidak lagi baik untuk dikonsumsi dalam kurun waktu tertentu dan itu khusus dalam hal pangan atau makanan.
Perishable dalam marketing khususnya dalam hotel marketing artinya suatu service capacity yang tidak lagi bisa dijual dalam kurun waktu tertentu (menurut wikipedia) dalam hal ini adalah produk utama hotel yaitu penjualan kamar, penjualan kamar dihitung per malam tiap harinya berdasarkan tanggal, jika ada hotel memiliki 10 kamar, dan suatu hari ada 1 kamar yang tidak terjual untuk tamu menginap maka 9 kamar berhasil terjual dan 1 kamar itu perish, hilang, busuk, atau basi dan harus dibuang jika saja kamar hotel adalah makanan dan harus direlakan jika hari sudah berganti menjadi esok. Maka apa yang harus kita lakukan terhadap fakta tersebut?
Jawabannya adalah Sales&Marketing Department dari tiap hotel harus bekerja keras untuk menjamin bahwa tiap kamar pada tiap harinya untuk esok hari dan sampai dengan hari-hari berbulan-bulan kedepan harus selalu terisi, ditambah lagi banyak kompetitor sesama hotel yang juga membutuhkan pelanggan untuk terus berjalan, itulah perishabilitiy.

Untuk memaksimalkan revenue, hotel harus bisa menekan expenses and cost dan memaksimalkan penjualan terutama produk yang bernilai tinggi harganya.

No comments:

Post a Comment

Branding! in hotel business

  Bicara di dalam lingkup bisnis perhotelan di dunia ini, ada konsep segitiga sama sisi dimana berkonjungsi satu sama lain untuk memberi nya...