Tuesday, December 17, 2019

3. VARIABILITY

VARIABILITY

"Variable" berarti beragam, apa yang beragam? Hotel ya beragam brandingnya, pemiliknya, investornya, lokasi operasionalnya, konsepnya, dan lain-lain.
Disini yang kita bicarakan adalah keberagaman dari hotel yang dirasakan oleh guest maupun staff nya sendiri, mengapa kita membicarakan hal ini? Karena penerimaan tiap manusia terhadap services yang didapatkan itu berbeda-beda meliputi prochedures, brand prestigious level, hotel concept, sampai ke amenities dan segala detail lainnya dimana hotel sebaiknya harus menghadirkan ambience yang sesuai dan melebihi ekspektasi dari guest nya, ambil contoh jika anda ke resort di sebuah pulau yang eksotis layaknya staf-staf hotel nya harus berdandan seperti pelayan-pelayan di paradise yang ramah ceria dan enak dipandang atau dilihat dari sisi seragamnya pun, aneh saja jika di pulau eksotis terdapat hotel yang serba memakai jas dan formal dan elegan padahal hal-hal tersebut rasanya lebih cocok untuk businessman di tengah kota yang sibuk, tetapi tunggu dulu! karena tidak menutup kemungkinan dimana ada manusia yang justru menyukai kombinasi unik seperti itu, siapa yang tahu seorang guest yang wealthy dia dituntut untuk pergi ke pulau tetapi dia menginginkan ambience business town yang membuat dia merasa nyaman untuk bekerja, maka di beberapa resort di pulau pun ada yang menyediakan abience eksklusif seperti itu dengan harga yang sesuai pula karena hotel tersebut memiliki nilai keunikan dibalik ke absurd-an dari konsep tersebut.
Last but not least, silakan anda perhatikan Hard Rock Hotel yang sangat terkenal dan sangat unik lalu kita bisa menilai sendiri betapa berharganya ambience yang unik bagi orang-orang atau guest yang benar-benar menyukainya dan rela membayar sejumlah uang untuk service yang dia inginkan.

Untuk mengatasi hal ini, hotel harus memiliki strategi tepat yang menyesuaikan dengan lokasi, jenis pelanggan atau pangsa pasar, dan produk-produk yang pasti dibutuhkan oleh pangsa pasar tersebut, ambil contoh di daerah di dalam kota-kota wisata yang cenderung banyak backpacker datang, pasti dibutuhkan budget hotel bahkan capsule hotel yang memang dibuat untuk mencakup pasar backpacker tersebut.

No comments:

Post a Comment

Branding! in hotel business

  Bicara di dalam lingkup bisnis perhotelan di dunia ini, ada konsep segitiga sama sisi dimana berkonjungsi satu sama lain untuk memberi nya...